Selasa, 14 Oktober 2014

MAC Cosmetic & MAC AIDS Fund

Karena banyak yang memberikan pertanyaan di artikel sebelumnya, program CSR dari perusahaan mana yang paling baik, paling tepat, atau menarik?. Well.. saya mau mencoba untuk memberikan pendapat saya di sini melalui program CSR yang dijalankan oleh MAC Cosmetic. CSR yang dijalankan oleh MAC bukanlah yang paling baik, tepat, unik, ataupun menarik, karena hal-hal tersebut sesuai persepsi orang masing-masing. Namun, saya pribadi memiliki ketertarikan tersendiri dengan program ini. Jadi apa sih CSR yang dilakukan oleh perusahaan kosmetik asal Kanada ini?
MAC memiliki MAC AIDS Fund yaitu sebuah foundation yang sangat peduli dan berkonsentrasi terhadap isu-isu AIDS. MAC Cosmetic turun langsung untuk membantu dan meringankan beban orang-orang yang terkontaminasi virus HIV/AIDS di seluruh dunia. MAC AIDS Fund berdiri pada tahun 1994, sama dengan saat pertama kali diluncurkannya produk kecantikan lipstick dan lip gloss "viva glam". Seluruh hasil penjualan dari produk viva glam, sejak awal diluncurkan hingga saat ini dikerahkan untuk MAC AIDS Fund guna membantu menanggulangi masalah-masalah HIV/AIDS di seluruh dunia. Dana tersebut digunakan untuk charity kepada yayasan-yayasan AIDS, membuat campaign againts AIDS, event, atau program-progam lainnya. Untuk Indonesia, penyaluran donasi terakhir kali didapatkan oleh Yayasan Spirit Paramacitta pada tahun 2011 sejumlah Rp 208.200.000. Program CSR yang dilakukan oleh MAC Cosmetic terpusat di head quarter MAC yang berada di New York City- Amerika Serikat. Namun, MAC Cosmetic di seluruh dunia turut merekomendasikan yayasan-yayasan mana saja di negaranya yang patut untuk diberikan donasi dari MAC AIDS Fund.
Dapat dilihat dengan berdirinya MAC AIDS Fund, MAC Cosmetic telah menjalankan bentuk tanggung jawab sosialnya sesuai dengan ketentuan yang ada. Seperti yang di katakan oleh Holme dan Watt, dalam Ardianto dan Machfudz (2011, p.37) "CSR adalah komitmen berkelanjutan dari perusahaan yang berjalan secara etis dan memiliki kontribusi terhadap pembangunan ekonomi, untuk meningkatkan kualitas hidup tenaga kerja dan keluarga mereka, dan juga komunitas lokal dan masyarakat luas." Dengan begitu, MAC AIDS Fund berkomitmen dari tahun 1994 hingga saat ini, menjalankan suatu pembangunan berkelanjutan untuk terus meninggakatkan kualitas hidup masyarakat internal dan eksternalnya secara luas dalam menanggulangi masalah-masalah HIV/AIDS di seluruh dunia. 


Refrensi:
Ardianto, E. & Machfudz, D. (2011). Efek kedermawanan pebisnis dan csr. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Fazriaty, W. (2011). Mac donasikan 200 juta untuk penderita hiv/aids. Diunggah pada 14 Oktober 2014, dari http://female.kompas.com/read/2011/12/01/16180780/MAC.Donasikan.200.Juta.untuk.Penderita.HIVAIDS





4 komentar:

  1. menarik sekali mba sheila informasinya..

    BalasHapus
  2. Artikelnya menarik. Terima kasih Arsheilla buat info barunya :)

    BalasHapus