Selasa, 04 November 2014

Berbagai Jenis CSR dan Contoh Programnya

Berbagai program CSR yang telah dijalankan oleh perusahan tentunya bermacam-macam jenisnya. Keragaman tersebut memiliki nilai dan tujuan tersendiri dari perusahaan yang menjalankannya. Dalam artikel ini saya ingin menulis tentang 3 dari 6 jenis CSR menurut Kotler dan Lee, selanjutnya 3 jenis lainnya akan saya cantumkan dalam artikel yang akan datang.

Cause promotion atau promosi kegiatan sosial adalah perusahaan menyediakan dana atau sumber daya lainnya yang dimiliki perusahaan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kegiatan sosial atau untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kegiatan sosial untuk mendukung pengumpulan dana, partisipasi dari masyarakat, atau perekrutan tenaga sukarela untuk suatu kegiatan tertentu. ( Ardianto & Machfudz, 2011)
salah satu poster program Aqua 1 untuk 10

Kita bisa melihat bentuk nyata dari program CSR berjenis cause promotion, salah satu contohnya adalah program 1 untuk 10 yang dijalankan oleh merek air mineral Aqua. Program ini berkomitmen untuk memberikan 10 liter air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan. Pada tahap pertama, Aqua telah menyediakan akses air bersih kepada lebih dari 12 ribu penerima bantuan di beberapa desa di NTT. Program tersebut dipromosikan melalui berbagai macam kegiatan, salah satunya dalam bentuk  e-commercial dan bisa dilihat di link ini. 


Cause related marketing atau pemasaran terkait dengan kegiatan sosial. Dalam kegiatan ini, perusahaan memiliki komitmen untuk menyumbangkan persentase tertentu dari penghasilannya untuk suatu kegiatan sosial berdasarkan besarnya penjualan produk. Kegiatan ini biasanya didasarkan kepada penjualan tertentu, untuk jangka waktu tertentu. ( Ardianto & Machfudz, 2011)
berfoto bersama saat school meal program oleh Blue Band
Jenis CSR ini pernah dijalankan oleh perusahaan Blue Band yang bekerja sama dengan Hypermart, dan juga Foodmart. Prihatin dengan tingkat gizi anak Indonesia yang masih sangat rendah akhirnya ketiga perusahaan tersebut membuat school meal program. Mekanisme dari program CSR ini adalah setiap pembelian produk Blue Band 200 gram maka secara otomatis konsumen menyumbangkan Rp 1.000 untuk school meal program.

Corporate social marketing atau pemasaran kemasarakatan korporat. Dalam kegiatan ini perusahaan mengembangkan dan melaksanakan kampanye untuk mengubah perilaku masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan keselamatan publik, menjaga kelestarian lingkungan hidup, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ( Ardianto & Machfudz, 2011)
pelaksanaan campaign hari cuci tangan pakai sabun sedunia oleh Dettol 
Contoh penerapan corporate social marketing di Indonesia adalah saat produk antiseptik Dettol dan Carrefour bersinergi dalam perayaan hari cuci tangan pakai sabun sedunia. Kampanye ini untuk menyebarkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit-penyakit.


Refrensi:

Ardianto, E. & Machfudz, D. (2011). Efek kedermawanan pebisnis dan csr. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Amaliafitri, A. (2009). Satu untuk sepuluh aqua bikin hidup lebih berkualitas. Diunggah pada tanggal 4 November 2014, dari http://lifestyle.okezone.com/
Sutriyanto, Eko. (2010). Sumbangan konsumen blue band diserahkan. Diunggah pada tanggal 4 November 2014, dari http://www.tribunnews.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar